Studi Baru Ungkap Gaya Hidup Sehat Bisa Bikin Panjang Umur – Okezone

5 Isu Panas di MotoGP Mandalika 2022 – CNN Indonesia
Juni 9, 2022
Informasi Penting Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Tahun 2022 – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Juni 9, 2022
Show all

Studi Baru Ungkap Gaya Hidup Sehat Bisa Bikin Panjang Umur – Okezone

JAKARTA – Menjalani gaya hidup sehat merupakan hal yang penting untuk keberlangsungan hidup. Bisa dimulai dengan menjaga pola makan dan olahraga secara teratur.
Disadur dari News Medical, Kamis (12/5/2022), banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika menjalani hidup sehat, salah satunya adalah badan tidak mudah sakit.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Age and Aging oleh The Japan Collaborate Cohort (JACC) Study group di Osaka University, mengungkapkan dampak dari menjalani gaya hidup sehat adalah seseorang memiliki harapan hidup yang lebih panjang.
Dalam penelitian itu juga disebutkan, orang-orang yang menjalani perilaku gaya hidup sehat dapat meningkatkan harapan hidup untuk mereka yang berusia lebih dari 80 tahun. Termasuk bagi beberapa orang yang memiliki penyakit kronis.
Kendati demikian, umur juga bisa dilihat dari status sosial ekonomi, faktor kebijakan seperti bantuan akses ke perawatan kesehatan, dan faktor gaya hidup seperti diet dan olahraga.

Studi saat ini, menggunakan survei dasar dari JACC, sebuah proyek penelitian besar dari 49.021 individu yang dilakukan 1988-1990 di 45 wilayah Jepang.
Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang faktor-faktor apa yang berkontribusi terhadap kematian akibat kanker dan penyakit kardiovaskular.
Kuesioner tersebut juga termasuk komponen seperti diet, olahraga, asupan alkohol, status merokok, durasi tidur, dan indeks massa tubuh.

Poin diberikan untuk setiap perilaku sehat dan dampak dari modifikasi perilaku gaya hidup pada proyeksi umur. Penelitian berlanjut hingga Desember 2009, saat itu 8.966 orang telah meninggal.
“Hasilnya sangat jelas. Jumlah yang lebih tinggi dari perilaku sehat yang dimodifikasi secara langsung dikaitkan dengan umur panjang yang baik untuk pria dan wanita,” kata penulis studi tersebut, Dr. Ryoto Sakaniwa.
Dokter Ryoto juga mengatakan, keuntungan ketika kita mengurangi asupan alkohol, tidak merokok, menurunkan berat badan, dan memperbaiki kualitas tidur akan menambah 6 tahun harapan hidup di usia 40 tahun.
Menjalani gaya hidup sehat ini, bermanfaat bagi seseorang yang berusia 80 tahun atau lebih dan memiliki penyakit komorbid seperti kanker, penyakit kardiovaskular, hipertensi, diabetes, dan penyakit ginjal.
“Temuan ini salah satu hal yang penting mengingat prevalensi penyakit kronis telah meningkat secara global dan merupakan penyebab utama kematian pada populasi yang lebih tua. Ini adalah salah satu studi pertama yang mengukur dampak perubahan perilaku kesehatan di antara orang tua di negara dengan harapan hidup nasional mencapai hampir 85 tahun,” ujar Penulis Senior dan Profesor, Universitas Osaka, Hiroyasu Iso.
Hasil penelitian ini, tentu saja memiliki dampak yang positif pada kesehatan meskipun kondisi kesehatan kronis dan usia yang lebih tua adalah salah satu yang sangat berpengaruh, terutama mengingat meningkatnya prevalensi kondisi kronis dan umur yang lebih panjang.
Kedepannya, temuan ini akan menjadi edukasi bagi para tenaga kesehatan untuk pasien dan masyarakat agar terus menjalani gaya hidup sehat demi memiliki harapan hidup yang lebih panjang.
Berita Terkait
Bagikan Artikel Ini
Berita Lainnya
© 2007 – 2022 Okezone.com,
All Rights Reserved

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.