Tak Mau Memaksa, Pilih Beri Contoh Dulu Gaya Hidup Nol Sampah – JawaPos

Kementerian Komunikasi dan Informatika – Kementerian Komunikasi dan Informatika
Juni 9, 2022
Kabar Terkini Dea Onlyfans Ternyata Tengah Berbadan Dua – detikNews
Juni 9, 2022
Show all

Tak Mau Memaksa, Pilih Beri Contoh Dulu Gaya Hidup Nol Sampah – JawaPos

SEJAK masih tercatat sebagai mahasiswa sosiologi di Universitas Gadjah Mada (UGM), Jogjakarta, Shalina Nur Hanna punya perhatian khusus pada lingkungan. Kelas Belajar Zero Waste yang digagas DK Wardhani. Selly, sapaan akrabnya, adalah peserta kelas perdana alias batch satu pada 2018.
Sejak saat itu, Selly semakin mudah resah menyaksikan isu-isu tentang sampah di sekitarnya. Dia pun kemudian menjadi fasilitator. Ibu satu putri itu sering menjadi pemateri dalam workshop yang melibatkan ibu rumah tangga. Misi utamanya adalah menjadikan para ibu berdaya mengelola sampah.
”Saya dan beberapa teman menggagas komunitas Anak Cinta Bumi Yogyakarta yang mengenalkan isu lingkungan untuk anak-anak pada 2019,” ujarnya kepada Jawa Pos kemarin (4/6). Selain itu, dia menginisiasi gerakan Jogja Berbunga pada 2020. Tujuan gerakan tersebut adalah memperpanjang usia bunga-bunga segar pasca perayaan.
Selly menularkan prinsip-prinsip kelingkunganan itu secara perlahan kepada suami dan anaknya. Yang paling sering dia lakukan adalah memberi contoh. ”Mereka melihat saya memilah sampah, lalu mereka ngikutin. Meski kadang lupa ya nggak apa-apa kita sounding terus. Berjalan sebisanya tanpa memaksakan,” ungkapnya.
Meskipun tidak mudah, Selly tidak menyerah untuk menerapkan gaya hidup nol sampah di rumahnya. Dia sadar betul bahwa pengelolaan sampah itu harus dilakukan dari lingkup rumah tangga dulu. Dia tidak mau hanya memindahkan sampah dari rumah ke TPA atau ke tempat lain. Sebab, memindahkan bukanlah solusi. Sampahnya hanya akan menumpuk, bukan lenyap.
”Di situlah saya menemukan strong way. Bahwa mengelola sampah harusnya bukan lagi pilihan, tapi tanggung jawab kita. Sampahku tanggung jawabku. Artinya, kalau saya sudah ngambil sari patinya, ya saya harus mempertanggungjawabkan sisanya,” tegas Selly.
Editor : Ilham Safutra
Reporter : hay/c19/hep
Saksikan video menarik berikut ini:
© PT Jawa Pos Grup Multimedia

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.