Teknologi Informasi dalam Menunjang Keberlangsungan Hidup Manusia – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Terkini Bisnis: IHSG Kian Tersungkur, Pj Gubernur Rangkap Jabatan Dirjen ESDM – Bisnis Tempo.co
Juni 8, 2022
Yuk, Belajar Kepemimpinan dari Dunia Olahraga – Kompas.com – KOMPAS.com
Juni 8, 2022
Show all

Teknologi Informasi dalam Menunjang Keberlangsungan Hidup Manusia – Kompasiana.com – Kompasiana.com

saya berkuliah di UPI
Selanjutnya
Tutup
Pernahkah kalian bertanya apa pentingnya teknologi informasi pada keberlangsungan hidup manusia? Pembahasan kali ini akan menjelaskan betapa pentingnya teknologi informasi didalam kelangsungan hidup manusia. Dapat kalian bayangkan, jika pada zaman yang serba canggih ini terdapat seseorang yang selalu menutupi diri perkembangan teknologi informasi, kira-kira apakah orang itu bisa hidup?. Dengan kalian yang membaca tulisan ini kalian dapat mengetahui hasilnya.
Tanpa hadirnya teknologi informasi pada keberlangsungan hidup manusia sehari-hari, manusia pasti akan mengalami kesulitan. Karena apa? Karena semua yang ada didunia ini menjadi satu kesinambungan didalam sebuah sistem yang menghubungkan antara satu dengan yang lain tanpa harus bertemu langsung. Dengan adanya teknologi informasi , seluruh manusia dapat berkomunikasi, mencari informasi, bahkan sampai menemani saat bosan dengan teknologi yang selalu berdampingan dalam kehidupan manusia.
Tanpa kalian sadari, kalian tidak bisa hidup jauh dari perkembangan teknologi informasi, contohnya kalian selalu membawa smartphone kalian kemana saja saat kalian pergi. Itu menandakan kalian tidak dapat lepas dari teknologi. Terdapat banyak hal yang dapat dihasilkan oleh penggunaan teknologi informasi, terdapat sisi negatif dan sisi positif dari teknologi informasi. Contoh hasil  negatif dari penggunaan teknologi informasi yaitu dapat menyebabkan kecanduan, kecanduan apakah ini? Apakah sama seperti kecanduan narkoba?. Kecanduan yang dihasilkan dari penggunaan teknologi informasi hampir sama dengan kecanduan narkoba, contohnya seperti kalian tak pernah bisa lepas dari gawai kalian, dari mulai bangun tidur, makan, hingga sebelum tidur. Kecanduan ini juga dapat menyebabkan permasalahan pada organ lainnya yang terhadap tubuh kita, seperti mata, otak dan lainnya.

Kecanduan pada teknologi ini memang tidak hanya satu dua orang saja, karena apa? Karena dengan semakin canggihnya teknologi informasi, maka semakin mudah juga penggunaan atau penerapannya dikehidupan sehari-hari.

Untuk sisi positifnya dari penggunaan teknologi informasi dalam keberangsungan hidup manusia adalah manusia dapat menikmati seluruh fitur yang disajikan oleh teknologi sehingga manusia dapat dengan mudahnya menggunakan fitur tersebut tanpa harus bersusah payah mengulik. Tapi dengan adanya kemudahan fitur yang disajikan, dapat menyebabkan manusia memiliki sifat malas, karena terlalu sering disuapi oleh fitur yang sangat mudah digunakan.
Penggunaan teknologi sendiri memang tidak diberi batasan umur, bahkan anak-anak pun pasti menggunakan teknologi, baik untuk membantu proses pengajaran maupun tidak, kita yang paling senior saja di dunia pengajaran masih harus menggunakan teknologi didalam kehidupan sehari-hari. Tidak memungkinkan kita sebagai mahasiswa tidak menggunakan teknologi dalam proses belajar mengajar.
Suka maupun tidak, kalian memang harus memaksakan diri menggunakan perkembangan yang terdapat pada teknologi yang tersedia masa kini, mengapa demikian? Karena kalian akan selalu membutuhkan kehadiran teknologi informasi pada kehidupan sehari-hari dimasa yang akan datang. Kalian juga harus dapat menggunakan teknologi dengan baik dan benar, agar tidak terjadi kesimpangan dalam penggunaanya, dan kalian juga harus menguasai itu untuk penerapannya dimasa yang akan dating, dan juga mengajarkan ke generasi yang akan datang tentang penggunaan teknologi informasi yang baik dan benar.

Tak bisa dibayangkan apabila ada manusia yang menutup diri dari perkembangan teknologi yang semakin pesat, mungkin dia akan ketinggalan informasi dari dunia luar, dan juga ia pasti kesulitan untuk berkomunikasi dengan teman maupun sanak saudaranya yang jauh dari tempat tinggalnya. Bagai manusia yang tinggal dimasa jahiliyyah, siapa yang mau hidup dimasa kebodohan yang merajalela dimana-mana. Ia juga pasti akan sangat merugi karena tidak mengikuti perkembangan zaman.
Walaupun kalian mau tidak mau untuk mengikuti perkembangan zaman, kalian harus bisa memilih penggunaan teknologi informasi dengan baik dan benar, jangan gunakan media teknologi informasi dengan hinaan dan hujatan kepada orang lain, menyebar hoax, dan menyalahgunakan teknologi lainnya. Kita mesti pandai menjaga diri pada perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat ini. Jika kita sudah dapat menjaga diri, maka lanjut kampanyekan kepada orang lain agar dapat menggunakan teknologi dengan baik dan benar.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.