Terapkan Teknologi Nanoemulsi, Dosen FTP Unud Ciptakan Produk Kosmetik Berbasis Bahan Baku Lokal – Bali Portal News

Jelang Timnas Indonesia vs Yordania di Kualifikasi Piala Asia 2023: Shin Tae-yong Enggan Jemawa – Bola Okezone
Juni 18, 2022
Potret Fosil Utuh Kura-kura Purba Ditemukan di Sumedang! – detikNews
Juni 18, 2022
Show all

Terapkan Teknologi Nanoemulsi, Dosen FTP Unud Ciptakan Produk Kosmetik Berbasis Bahan Baku Lokal – Bali Portal News

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dosen Fakultas Teknologi Pertanian yaitu Dr. Ir. I Dewa Gde Mayun Permana, M.S., dari Program Studi Teknologi Pangan berkolaborasi dengan Dr. Ir. Lutfi Suhendra, M.P., dari program Studi Teknologi Industri Pertanian Bersama beberapa mahasiswa yaitu I Wayan Ryantama Swastika Braja dan Farchriansyah menciptakan produk kosmetik berbasis bahan baku local dengan memanfaatkan Teknologi Nanoemulsi.
Melalui penelitian produk Inovasi diciptakan produk-produk kosmetik seperti Face Mist, Hand Sanitizer dan Make Up Cleaner. Uniknya produk-produk kosmetik yang diciptakan tersebut menggunakan bahan dasar dari produk local seperti ekstrak wortel, ekstrak kunyit, virgin coconut oil (VCO) dan berbagai minyak atsiri dari bunga dan daun lokal seperti minyak atsiri kenanga, cempaka, daun salam dan lainnya.
Dr. Ir. Lutfi Suhendra, M.P., juga mengatakan dalam proses pembuatan produk-produk tersebut diaplikasikan teknologi nanoemulsi maupun mikroemulsi.
“Produk kosmetik yang dihasilkan memiliki kelebihan yaitu Food Grade, mampu menembus lapisan epidermis kulit, memiliki kenampakan yang jernih dan transparan, tidak menyebabkan iritasi kulit dan tidak beracun (tidak toksis),” paparnya.
Beliau juga mengatakan melalui hasil penelitian dan inovasi produk yang dihasilkan ini diharapkan dapat menghasilkan produk kosmetik yang aman dan food grade sehingga kedepannya produk ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk bijak dalam memilih produk kosmetik agar dapat memilih produk kosmetik yang berbasis bahan local, tidak beracun dan aman untuk digunakan sehingga tidak menimbulkan efek samping pada konsumen.(unud.ac.id/bpn)






source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.