Terungkap, Biang Kerok Cabai di Jakarta Melesat Hingga Rp130 Ribu – CNN Indonesia

Ini Parfum Bvlgari Allegra dengan Suguhan Aroma Khas Gaya Hidup Italia – Medcom.Id
Juni 14, 2022
BIN bangun "smart campus" dengan terapkan teknologi digital – ANTARA
Juni 14, 2022
Show all

Terungkap, Biang Kerok Cabai di Jakarta Melesat Hingga Rp130 Ribu – CNN Indonesia

Kepala Badan Pangan Nasional (NFA) Arief Prasetyo Adi mengatakan pasokan cabai rawit merah yang menurun menjadi pemicu meroketnya harga komoditas itu menjadi Rp130 ribu per kg.
“Saat ini pasokan cabai rawit merah turun 20 hingga 30 persen karena sumber panen di daerah sentra produksi berkurang,” kata Arief dalam keterangan resmi, Senin (13/6).
Ia menyebutkan sumber cabai rawit merah yang harganya paling murah saat ini ada di Sulawesi Selatan. Harga cabai di tingkat petani dari daerah itu berada kisaran Rp50 ribu hingga Rp55 ribu per kg.
Sebab itu, Badan Pangan akan memfasilitasi distribusi logistik untuk suplai pasokan cabai dari petani atau Gapoktan asal Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan ke pasar induk di Jakarta dan sekitarnya.
“Seperti, Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Induk Tanah Tinggi, dan Pasar Induk Cibitung,” lanjut Arief.
Ia menargetkan sekitar 100 ton cabai atau 5 sampai 10 ton per hari akan dikirim ke Jakarta. Ia menyebut pengiriman dilakukan mulai pekan depan.
Sehingga, lanjut Arief, harga cabai rawit merah ditingkat konsumen atau eceran bisa diintervensi menjadi kisaran Rp60 ribu hingga Rp65 ribu per kg, jauh di bawah harga rata-rata Jakarta saat ini yang mencapai Rp100 ribu  sampai Rp120 ribu per kg.
Adapun selain harga cabai rawit merah, komoditas lainnya yang mengalami kenaikan harga yaitu cabai merah keriting dengan rata-rata nasional Rp61.217 per kg, dan bawang merah Rp45.122 per kg.
[Gambas:Video CNN]

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *