Tim Sepak Bola Porprov Pasuruan Epic Comeback Tiru Liverpool | beritajatim.com – beritajatim | Portal Berita Jawa Timur

Teknologi Robot Asisten untuk Lansia – Republika Online
Juni 18, 2022
Pakar Ungkap Gaya Hidup Bantu Menjaga Imunitas Tubuh – BeritaSatu.com
Juni 18, 2022
Show all

Tim Sepak Bola Porprov Pasuruan Epic Comeback Tiru Liverpool | beritajatim.com – beritajatim | Portal Berita Jawa Timur

Reporter : Oryza A. Wirawan
Jember (beritajatim.com) – Tim sepak bola Kabupaten Pasuruan melakukan ‘epic comeback’ sebagaimana dilakukan Liverpool saat mengalahkan Villareal di semifinal Liga Champions.
Tertinggal 0-2 pada babak pertama, anak asuhan legenda Persebaya Subangkit ini berhasil menekuk Kabupaten Jombang 3-2, di Stadion Notohadinegoro, Kabupaten Jember, Jumat (17/6/2022).
Dengan kemenangan atas Jombang ini, Pasuruan memuncaki klasemen sementara cabang olahraga sepak bola Grup C Pekan Olahraga Provinsi VII Jawa Timur dengan mengantongi tiga angka. Kota Malang dan Jember menyusul berikutnya dengan masing-masing satu angka.
Para pemain Jombang memainkan sepak bola dengan simpel namun efektif, membangun organisasi permainan dari lini belakang, tengah hingga ke depan. Mereka berani memainkan bola kendati dalam situasi ditekan pemain Pasuruan.”Mainnya sudah bagus. Ketika bertahan juga bagus,” kata pelatih Jombang, Ambitei Dolus Cahya.
Subangkit sudah menginstruksikan para pemain Pasuruan untuk meningkatkan intensitas tekanan terhadap pemain Jombang. Namun para pemain tidak maksimal melakukannya. Tekanan hanya dilakukan pemain Pasuruan terhadap pemain Jombang yang menguasai bola. Sementara pemain Jombang lainnya dibiarkan bebas tanpa pengawalan, sehingga bola tetap mengalir.
Jombang unggul 2-0 pada babak pertama melalui gol yang dicetak Kaka Sheva Nahdliyin pada menit 14 dan Adi Pratono pada menit 43. Gol Adi boleh dibilang spektakuler karena dilakukan dari jarak yang sangat jauh, memanfaatkan kiper Pasuruan, Muhammad Hisyam Alwandi, yang sudah terlalu jauh meninggalkan gawang.
Dolus memuji anak-anak asuhnya yang berhasil melaksanakan instruksinya pada babak pertama. Namun babak kedua, situasi berbalik. Para pemain Jombang kehabisan ‘bensin’. Stamina pemain Jombang terkuras, sehingga pemain Pasuruan leluasa memainkan bola. “Faktor stamina paling berpengaruh terhadap pertandingan,” katanya.
Stamina yang terbatas membuat Jombang kesulitan mempertahankan konsistensi intensitas permainan selama 90 menit. Sementara para pemain Pasuruan memiliki stamina lebih bagus. “Kami sadar persiapan tim ini kurang, sehingga kondisi fisiknya pun kurang. Tim ini sebenarnya dipersiapkan sudah lama. Cuma setelah lolos Pra Porprov, kami liburkan. Kami melakukan persiapan dua pekan sebelum kompetisi (porprov) ini dimulai,” kata Dolus.
Subangkit menginstruksikan para pemain Pasuruan untuk mengantisipasi arah operan pemain Jombang dan menekan pemain lawan. Praktis sepanjang babak kedua, bola dikuasai Pasuruan. Pemain Jombang kedodoran menghadapi kelincahan Ali Mashori, pemain depan Pasuruan.
Apalagi dua pemain andalan di lini belakang harus diganti karena cedera, pada pengujung babak pertama. Bek tengah Surya Abdillah digantikan Jatmiko Prapto Subagyo, dan bek kiri Hendra Amin Romadhon digantikan Fauqi Maulana Saputra.
Pergantian ini membuat pertahanan Jombang menjadi lebih rapuh. Kemampuan Jatmiko dan Fauqi dalam membaca arah bola masih di bawah Surya dan Hendra. Alhasil gol Pasuruan tinggal menunggu waktu. Rizky Wahyu Widodo berhasil mencetak gol pertama pada menit 57. Epic comeback terjadi, setelah dalam waktu dua menit Ali Mashori membuat kiper Jombang Guntur Wibowo memungut bola dua kali dari gawangnya, yakni pada menit 74 dan 75.
Subangkit memuji permainan anak-anak asuhannya. Ia menyebut Ali Mashori layak menjadi man of the match dalam pertandingan tersebut. [wir/ted]
Klasemen Sementara Grup C
1. Pasuruan 1 1 0 0 3 – 2 3
2. Kota Malang 1 0 1 0 1 – 1 1
3. Jember 1 0 1 0 1 – 1 1
4. Jombang 1 0 0 1 2 – 3 0
Beritajatim.com berkomitmen melawan berita bohong alias hoax.
Beritajatim.com adalah media online berbasis di Surabaya dan fokus untuk wilayah Jawa Timur.
Copyright © 2022 PT. BERITAJATIM CYBER MEDIA.
All Rights Reserved.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.