Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Hujan dan Rob Saat Supermoon, Angin Kencang – Tekno Tempo

Waktu Terlarang untuk Buka Masker Meski Ada di Luar Ruangan – CNN Indonesia
Juni 16, 2022
Dibekali Teknologi Mutakhir, AMD Luncurkan AMD Ryzen™ 6000 Series Processors – Kedaulatan Rakyat
Juni 16, 2022
Show all

Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Hujan dan Rob Saat Supermoon, Angin Kencang – Tekno Tempo

atau cari berdasarkan hari
Ilustrasi cuaca mendung berpotensi turun hujan. Kredit: ANTARA
TEMPO.CO, Jakarta – Top 3 Tekno Berita Hari Ini dimulai dari topik tentang Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca sebagian wilayah Indonesia didominasi hujan pada hari Selasa, 14 Juni 2022. Ibu kota provinsi yang mungkin dilanda hujan disertai petir pada hari Selasa adalah Bengkulu, Jambi, Banjarmasin dan Pekanbaru.
Berita terpopuler selanjutnya tentang pohon beringin besar di kawasan Lapangan Denggung, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ditumbangkan oleh angin kencang yang terjadi bersama hujan lebat, Senin siang, 13 Juni 2022. Pohon beringin tumbang menimpa wahana bermain yang ada di sekitar lokasi.
Selain itu, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia sudah bertambah dua kali lipat dari penemuan pertama yang diumumkan pada Jumat pekan lalu. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan sudah delapan kasusnya yang terdeteksi hingga Senin, 13 Juni 2022.
Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno.
1. Prakiraan Cuaca BMKG Saat Supermoon: Hujan di Sebagian Indonesia, Jadwal Rob
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca sebagian wilayah Indonesia didominasi hujan pada hari Selasa, 14 Juni 2022. Ibu kota provinsi yang mungkin dilanda hujan disertai petir pada hari Selasa adalah Bengkulu, Jambi, Banjarmasin dan Pekanbaru.
Hujan dengan skala lebat kemungkinan terjadi di Gorontalo. Hujan skala sedang diperkirakan terjadi di Serang, Yogyakarta dan Surabaya. Hujan skala ringan kemungkinan terjadi di Banda Aceh, Jakarta Pusat, Bandung, Semarang, Pontianak, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Ternate, Mataram, Mamuju, Makassar, Kendari, Manado dan Padang.
BMKG memantau adanya sirkulasi siklonik di Samudra Hindia barat daya Sumatra dan di Kalimantan Barat bagian selatan yang membentuk daerah peningkatan kecepatan angin >25 knot di Samudra Hindia barat daya Sumatra.
Selain itu terdapat daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Laut Jawa hingga Selat Karimata dan dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah.
2. Hujan Lebat Angin Kencang: Beringin Roboh di Yogya, Joglo Hancur di Kediri
Pohon beringin besar di kawasan Lapangan Denggung, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ditumbangkan oleh angin kencang yang terjadi bersama hujan lebat, Senin siang, 13 Juni 2022. Pohon beringin tumbang menimpa wahana bermain yang ada di sekitar lokasi.
“Tidak ada korban jiwa maupun korban luka pada kejadian tersebut,” kata Pelaksana Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Makwan.
Menurut dia, hujan deras yang disertai angin kencang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Sleman. Adapun pohon beringin tumbang, tercerabut dari akarnya, pada pukul 12.50 WIB.Tim Reaksi Cepat BPBD Sleman bersama petugas Dinas Lingkungan Hidup Sleman dan sejumlah relawan langsung mengevakuasi pohon tumbang tersebut.
“Selain pohon beringin di Denggung, pohon tumbang akibat hujan disertai angin dilaporkan juga terjadi di kompleks Pemerintahan Kabupaten Sleman,” kata Makwan.
3. Menkes: Penularan Omicron BA.4 dan BA.5 Sudah Terjadi di Jakarta
Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia sudah bertambah dua kali lipat dari penemuan pertama yang diumumkan pada Jumat pekan lalu. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan sudah delapan kasusnya yang terdeteksi hingga Senin, 13 Juni 2022.
Dari delapan kasus itu, tiga di antaranya adalah kasus impor dari Mauritus, Amerika Serikat, dan Brasil. Ketiganya datang dalam diri delegasi konferensi Global Platform for Disaster Risk Reduction (23-28 Mei 2022) di Bali. Sedangkan lima kasus lainnya adalah transmisi lokal terdiri dari empat kasus terdeteksi di Jakarta, dan satu kasus lainnya di Bali.
Satu di Bali itupun disebutnya merupakan tenaga medis yang datang dari Jakarta. “Jadi memang transmisi lokal ini sudah terjadi di Jakarta,” ujar Budi Gunadi dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin.
Menkes menambahkan, dari delapan orang yang terkonfirmasi positif tertular infeksi SARS-CoV-2 varian Omicron BA.4 dan BA.5 itu, hanya satu yang bergejala sedang. Yang bersangkutan belum mendapat suntikan vaksin dosis ketiga atau booster. Sedangkan, tujuh lainnya terdata sudah mendapat booster dan mengalami infeksi dengan gejala ringan atau tanpa gejala. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di Tempo.co.
Baca:
Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Omicron BA.4 dan BA.5 Masuk Indonesia, Kura-kura
 
 
Dapatkan ringkasan berita eksklusif dan mendalam sesuai dengan topik pilihan Anda dengan membaca newsletter pilihan Tempo
Pilih Topik
Virus corona varian Omicron BA.4 dan BA.5 telah menyelinap ke Indonesia, pemerintah menyatakan tak perlu panik. Apa yang perlu diperhatikan?
Tempo Media Group © 2017

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *