Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Viral Alat Nikuba, Siklon Tropis Karim – Tekno Tempo

Selain Gaya Hidup, Golongan Darah Tertentu Lebih Berisiko Alami Serangan Jantung! – Suara.com
Juni 9, 2022
Dorong Pemulihan Ekonomi, Pelaku Bisnis Pilih Efisiensi dengan Teknologi "Chatbot" – Kompas.com – Kompas.com
Juni 9, 2022
Show all

Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Viral Alat Nikuba, Siklon Tropis Karim – Tekno Tempo

atau cari berdasarkan hari
Nikuba. Instagram
TEMPO.CO, Jakarta – Top 3 Tekno Berita Hari Ini dimulai dari topik tentang sebuah alat inovasi baru bernama Nikuba, diklaim mampu mengubah air menjadi bahan bakar mesin sepeda motor untuk tunggangan TNI. Ditemukan warga Cirebon bernama Aryanto Misel, nama Nikuba diambil dari singkatan Niku Banyu.
Berita terpopuler selanjutnya tentang Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih memantau pergerakan Siklon Tropis Karim di Samudra Hindia barat daya Bengkulu pada hari Senin, 9 Mei 2022. Siklon tersebut mempunyai kecepatan angin maksimum 50 knot dengan tekanan di pusat sistem mencapai 986 hPa.
Selain itu, tingkat kelulusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Provinsi Riau pada tahun ini, atau tahun ajaran 2021/2022, tak mencapai 100 persen. Sejumlah daerah melaporkan kalau beberapa sekolah ada yang tidak meluluskan seluruh siswanya. Bahkan ada sekolah yang siswa tidak lulus mencapai 26 orang.
Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno.
1. Viral Nikuba Ubah Air Jadi Bahan Bakar Motor, Peneliti Ungkap Proses dan Kendala
Sebuah alat inovasi baru bernama Nikuba, diklaim mampu mengubah air menjadi bahan bakar mesin sepeda motor untuk tunggangan TNI. Ditemukan warga Cirebon bernama Aryanto Misel, nama Nikuba diambil dari singkatan Niku Banyu.
Cara kerja Nikuba dinilai sangat sederhana. Nikuba mengandalkan generator elektrolisis yang mampu mengubah air menjadi energi mesin motor atau mobil. Air yang akan digunakan harus dipastikan tidak mengandung logam berat untuk bisa menjalankan kendaraan bermotor.
Nikuba kemudian memisahkan Hidrogen (H2) dengan Oksigen (O2) pada air (H2O) melalui proses elektrolisis. Hidrogen yang sudah terpisah dari O2 kemudian masuk ke ruang pembakaran kendaraan sebagai bahan bakar pengganti BBM.
Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di laboratorium motor bakar, Arifin Nur, ikut mengomentari Nikuba. “Nikuba adalah oxyhydrogen (HHO) generator bisa juga disebut browngas generator,” ujar Arifin lewat pesan singkat, Selasa, 10 Mei 2022.
2. Siklon Tropis Karim Masih di Sekitar Indonesia, Jakarta dan Surabaya Terpanas
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih memantau pergerakan Siklon Tropis Karim di Samudra Hindia barat daya Bengkulu pada hari Senin, 9 Mei 2022. Siklon tersebut mempunyai kecepatan angin maksimum 50 knot dengan tekanan di pusat sistem mencapai 986 hPa.
Siklon Tropis Karim bergerak ke arah selatan-tenggara menjauhi wilayah Indonesia dan diprakirakan intensitasnya akan menguat dalam 24 jam ke depan.
Sirkulasi siklonik terpantau di Sulawesi yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Kalimantan Utara hingga Laut Sulawesi, dari Kalimantan Timur hingga Sulawesi bagian utara, dari Sulawesi bagian utara hingga Laut Sulawesi dan di Maluku Utara.
Daerah konvergensi lainnya memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di Papua Barat dan di Papua. Daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau di Laut Jawa, Selat Karimata dan Laut Banda.
3. Kelulusan SMA: Ada Sekolah tak Luluskan 26 Siswa di Riau
Tingkat kelulusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Provinsi Riau pada tahun ini, atau tahun ajaran 2021/2022, tak mencapai 100 persen. Sejumlah daerah melaporkan kalau beberapa sekolah ada yang tidak meluluskan seluruh siswanya. Bahkan ada sekolah yang siswa tidak lulus mencapai 26 orang.
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol, mengatakan tingkat kelulusan siswa SMA secara keseluruhan tercatat sebesar 99,9 persen atau 0,5 persen siswa yang tidak lulus. “Berbagai pertimbangan kelulusan terhadap siswa yang tidak lulus telah dipelajari oleh masing-masing sekolah,” kata Kamsol, Senin 9 Mei 2022.
Jumlah siswa yang lulus se-kabupaten/kota di Riau pada tahun ini sebanyak 44.955 siswa, sedangkan yang tidak lulus sebanyak 112 siswa. Kamsol menyebutkan banyak pertimbangan dari sekolah karena memang kelulusan siswa pada tahun ajaran sekarang ditentukan oleh sekolah.
Ia merinci dari 12 kabupaten/kota, tingkat kelulusan tertinggi di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kuansing, masing-masing, sebesar 99,9 persen atau hanya satu siswa yang dinyatakan tidak lulus di setiap daerah itu. Sedangkan untuk kabupaten dengan tingkat tidak lulus siswa yang tertinggi adalah Kabupaten Rokan Hilir, yakni sebanyak 26 siswa. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di Tempo.co.
Baca:
Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Anak Meninggal Akibat Hepatitis Akut, Wabah
Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.
 
 
Dapatkan ringkasan berita eksklusif dan mendalam sesuai dengan topik pilihan Anda dengan membaca newsletter pilihan Tempo
Pilih Topik
Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan rencana menaikkan harga tiket masuk Candi Borobudur. Alasannya, berhubungan dengan rasa kepemilikan.
Tempo Media Group © 2017

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.