Usung Konsep School Lunch Program (SLP), Ajinomoto Ingin Tingkatkan Pengetahuan Gaya Hidup Sehat Siswa – Pikiran-Rakyat.com – Pikiran Rakyat

Mental Tempe! Inilah Alasan Robert Lewandowski Enggan Bermain di Inggris – Ligaolahraga.com
Juni 19, 2022
4 Berita Terkini Bursa Transfer: Barcelona, Juventus, Real Madrid, Chelsea – Bola Tempo.co – Bola Tempo.co
Juni 19, 2022
Show all

Usung Konsep School Lunch Program (SLP), Ajinomoto Ingin Tingkatkan Pengetahuan Gaya Hidup Sehat Siswa – Pikiran-Rakyat.com – Pikiran Rakyat


PIKIRAN RAKYAT
– Kurang gizi alias malnutrition menjadi salah satu masalah yang dihadapi anak-anak di Indonesia. Kurang gizi adalah dampak dari tidak terpenuhinya kebutuhan gizi anak yang telah berlangsung sejak lama.
Bahkan, dalam beberapa kasus kurang gizi dapat dimulai ketika bayi atau masih berada di dalam kandungan.
Sebagai bentuk kontribusi terhadap permasalahan kekurangan gizi, PT Ajinomoto Indonesia mengusung konsep School Lunch Program (SLP) dengan memegang teguh nilai Ajinomoto Share Value (ASV), yang bertujuan untuk memperbaiki status gizi dan menumbuhkan perubahan perilaku para siswa di sekolah.
SLP merupakan program terintegrasi yang menggabungkan pemberian makan siang dan pendidikan gizi selama 10 bulan secara terus-menerus yang bertujuan untuk memperbaiki penerapan gaya hidup sehat, higienitas, sanitasi, dan gizi yang baik serta keamanan pangan. Dalam program ini, intervensi diet yang dilakukan menggunakan produk PT Ajinomoto Indonesia.
Tujuan SLP dari Ajinomoto dijabarkan dalam 3 aktivitas utama yaitu :
1. Pemberian makan siang
2. Pendidikan gizi seimbang
3. Pendidikan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).
Baca Juga: Dipilih NasDem Jadi Bakal Capres 2024, Anies Baswedan: Salam Hormat Bapak Surya Paloh
Program ini telah dijalankan sejak tahun 2018 dan mendapatkan hasil yang baik. Terdapat perbaikan pengetahuan, sikap, praktek terkait gizi seimbang, hidup sehat, serta perbaikan asupan nutrisi dan status anemia para santri pesantren.
Pada tahun 2021, PT Ajinomoto Indonesia membuat Buku Panduan SLP guna membantu pesantren binaan menerapkan SLP secara mandiri.
Buku panduan SLP berisikan modul edukasi gizi, panduan pelaksanaan SLP dan resep-resep menu SLP yang bermanfaat untuk membekali tenaga pengajar dan para santri di pesantren terkait pengetahuan dasar tentang gizi dan pola hidup bersih sehat.

SLP yang sudah berjalan sejak 2018, dalam sosialisasi ke depannya akan menargetkan 50 pesantren modern/salafi di wilayah Jawa Barat.
Ketua project SLP, Dr. Rimbawan, Dosen di Departemen Gizi Masyarakat IPB mengatakan alasan pemilihan pesantren karena merupakan lembaga pendidikan yang mengalami banyak kemajuan, namun dalam hal pangan, gizi, dan kesehatan, masih belum mendapatkan perhatian yang proporsional.
Editor: Julkifli Sinuhaji
PT Kolaborasi Mediapreneur Nusantara
Jl. Asia Afrika No. 75
Bandung – Jawa Barat, 40111
Telepon : 022-4241600
Email : prmnnewsroom@pikiran-rakyat.com
PT Kolaborasi Mediapreneur Nusantara
Jl. Asia Afrika No. 75
Bandung – Jawa Barat, 40111, Ph. 022-4241600
Email: prmnnewsroom@pikiran-rakyat.com
©2022 Pikiran Rakyat Media Network

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.